header

Monday 8 September 2014

REFRAKTOMETRI

  1. Tujuan
  1. Memahami prinsip Refraktometri dan dapat mengoperasikan Refraktometer dengan benar.
  2. Menentukan indeks bias.
  3. Menentukan konsentrasi suatu zat berdasarkan harga indeks biasnya.


  1. Landasan Teori
Pada Pemeriksaan atau pengujian suatu zat, indeks bias zat yang bersangkutan biasanya penting sekali untuk diketahui. Indeks bias dapat diukur dengan alat yang disebut refraktometer.
Pengukuran indeks bias suatu zat cair adalah penting bagi penilaian sifat dan kemurnian cairan, konsentrasi larutan-larutan dan perbandingan komponen dalam campuran dua zat cair atau kadar (persentase) zat yang diekstarksikan dalam pelarutnya. Dalam keadaan yang lebih kritik, penentuan indeks bias kadang-kadang belum menentukkan, tetapi dapat sebagai data yang berharga bagi kelengkapan penelitian.
Ciri khas refraktometer ialah dapat digunakan untuk mengukur secara cepat dan sederhana, karena hanya memerlukan zat contoh dalam jumlah yang sangat sedikit, yaitu kira-kira 0,1 mL dan dengan ketelitian yang tinggi.

Apabila sinar cahaya monokromatik berpindah dari medium optik yang kurang rapat ke medium optik yang lebih rapat, maka akan terjadi pembiasan ke arah normal. Sudut yang terbentuk antara sinar datang dengan garis tegak lurus pada permukaan media disebut sudut datang (i), sedangkan sudut yang terbentuk antara sinar bias dengan garis tegak lurus tersebut disebut dengan sudut bias (r).

No comments:

Post a Comment